Seperti Apa Makna Fotografi Bagi Darwis Triadi?

Seperti Apa Makna Fotografi Bagi Darwis Triadi?


“Fotografi adalah merekam momen, meskipun tidak bisa kembali ke waktu saat momen tersebut terjadi, tetapi kita bisa merasakan momennya.”

Darwis Triadi




Makna Fotografi Tidak Se-Simple Itu





Satu kalimat yang menjelaskan secara singkat tentang makna fotografi bagi sang maestro, Darwis Triadi. Bagi Om Darwis, fotografi bukan sekedar menekan tombol shutter pada kamera, tetapi tentang rasa. Aku memahami maksudnya. Menurutku tak jauh berbeda dengan bidang seni lain seperti musik yang dalam setiap liriknya bisa membawa perasaan atau bahkan memori.





Mungkin kita beranggapan bahwa karya fotografi bisa menjadi salah satu media komunikasi sebagai solusi. Terlebih bagi banyak rasa yang tidak bisa dijelaskan dengan menggunakan kata.





“Tapi ngga bisa langsung disimpulkan begitu, nanti orang yang ngga paham fotografi malah sok-sok an bilang rasa lagi, jadi tetep harus ada prosesnya agar bisa memahami dengan sendirinya”





Teori Fotografi Menurut Darwis Triadi





Darwis Triadi belajar fotografi secara otodidak.
(Referensi: instagram @darwis_triadi)




Pada dasarnya semua orang yang setidaknya pernah mencari tau tentang fotografi pasti akan mendengar bahwa kata Photography berasal dari bahasa Yunani yakni photos yang berarti cahaya, dan grafo yang berarti melukis. Sepertinya makna dari kata photography itulah yang juga menjadi landasan bagi Om Darwis Triadi dalam mempelajari fotografi secara otodidak.





“Saya belajar fotografi secara otodidak, ngga pernah percaya dengan teori-teori yang ada, bahkan dari orang yang disebut sebagai pakar, ngapain? Orang yang membuat teori-teori itu ya juga manusia. Saya dulu berusaha memahami bagaimana menciptakan foto yang bagus, setidaknya bagi saya sendiri. Karena fotografi berarti melukis cahaya, maka saya berusaha untuk lebih peka terhadap cahaya, mencari tau sendiri bagaimana cahaya yang bagus untuk foto.”





Mungkin langkah awal yang perlu kita semua lakukan untuk belajar dan memahami fotografi adalah sadar terhadap logika serta peka terhadap cahaya, keduanya berkesinambungan untuk menciptakan sentuhan yang mengandung makna.





Baca Juga: Darwis Triadi, Mantan Pilot Dibalik Foto Resmi Presiden





Foto Bagus Itu Foto Yang Bokeh?





Aku menanyakan sebuah fenomena yang umum terjadi di kalangan fotografer yang mungkin baru memulai langkahnya, yakni tentang munculnya pertanyaan Apa benar foto yang bagus itu yang ada efek bokehnya? Mungkin pertanyaan tersebut juga pernah terlintas dalam pikiranku saat pertama kali belajar fotografi, cenderung fokus belajar membuat foto bokeh ketimbang memahami ilmu dasar fotografi yakni exposure triangle.





Meskipun perlahan aku sudah mendapatkan jawabannya,  aku merasa penasaran tentang tanggapan Om Darwis mengenai hal tersebut.





“Foto bokeh sebagai bentuk estetika foto, atau segitiga eksposur? Mana yang harus didahulukan?”





“Estetika dan Exposure Triangle adalah kedua hal yang berbeda, estetika berkaitan dengan keindahan seni, termasuk juga fotografi. Sedangkan segitiga eksposur adalah ilmu yang berkaitan dengan teknis pengambilan gambar, yakni mengenai ISO, kecepatan rana, dan diafragma. Oleh karena itu, keduanya harus dipelajari secara selaras.”





Menilai Karya Secara Objektif Merupakan Suatu Bentuk Menghargai





Menurut Om Darwis, ada banyak hal yang harus dipelajari untuk menjadi fotografer. Tak selalu tentang bagaimana cara memotret ataupun hal-hal yang berkaitan dengan teknis lainnya, tetapi juga tentang bagaimana cara bersikap yang termasuk dalam klasifikasi non teknis.





Dalam hal ini dapat diartikan bahwa sebagai seorang fotografer, harus bisa menghargai orang lain. Salah satu cara yaitu dengan memandang suatu karya secara objektif dan tidak dipengaruhi oleh subjektif masing-masing.





“Sebenarnya ngga hanya di fotografi ya, tapi semua hal. Kita harus bisa memandang karya orang lain secara objektif. Jangan misal kita ngga suka ke orangnya, bikin kita jadi ngga suka ke karyanya juga, jangan. ”





3 Hal Penting Dalam Fotografi Selain 3 Point Lighting Dan Exposure Triangle





3 prinsip fotografi menurut Darwis Triadi.




Darwis Triadi, beliau berkata kepadaku bahwa dalam fotografi ada banyak 3 hal yang biasa dijadikan pedoman, yakni Three Point Lighting dan Exposure Triangle. Namun, ada satu lagi 3 hal yang sangat penting dan menurut beliau harus diterapkan sebagai seorang fotografer, yakni rasa semangat di setiap keadaan, motivasi untuk terus berkembang, serta mental baja yang kokoh meskipun ada banyak hambatan.





Cukup sampai disini artikel sederhana ini. Semuanya aku tulis dan aku susun sebagai bahan bacaan yang diharapkan dapat menambah wawasan, semoga bermanfaat dan menginspirasi.





"Dalam berfotografi itu ada 3 hal yang bisa dijadikan sebagai pondasi bagi kekuatan kita; spirit, motivation, dan mentality. Jalankan ketiganya demi kestabilan. Buat saya fotografi itu masa depan"

Andreas Darwis Triadi